Minggu, 16 September 2012

Nutrisi yang Dibutuhkan Agar Tak Cepat Lelah Saat Jogging

Jakarta, Selain butuh karbohidrat sebagai sumber energi, tubuh juga butuh nutrisi lain saat olahraga termasuk jogging. Nutrisi tersebut memiliki fungsi sendiri-sendiri, mulai dari meningkatkan sistem imun hingga memperbaiki sel-sel yang rusak.

Kecukupan nutrisi saat jogging penting untuk diperhatikan mengingat olahraga ini cukup melelahkan, sekaligus banyak membebani persendian. Apabila tidak terpenuhi, maka jogging yang seharusnya menyehatkan malah bisa memicu cedera yang tidak diharapkan.

Nutrisi yang dibutuhkan untuk menunjang olahraga jogging antara lain sebagai berikut, seperti dikutip dari Bodyandsoul, Senin (15/9/2012).

1. Vitamin C dan E
Olahraga bisa menyebabkan stres pada otot yang disebut juga oksidatif stres. Penangkalnya adalah antioksidan, yang antara lain terdapat pada vitamin C yang terkandung dalam buah-buahan dan vitamin E dalam minyak ikan. Selain untuk mencegah kerusakan sel otot, antioksidan juga akan meningkatkan fungsi sistem imun tubuh.

2. Magnesium
Magnesium merupakan salah satu mineral esensial yang dibutuhkan untuk mencegah kram atau disebut juga kejang otot. Mineral yang antara lain terkandung dalam bayam ini sangat dibutuhkan terutama bagi yang rutin melakukan jogging maupun berlari dengan intensitas yang selalu ditingkatkan.

3. Koenzim Q-10
Nutrisi yang banyak terkandung dalam daging sapi ini memiliki 2 fungsi. Yang pertama sebagai antioksidan, seperti halnya vitamin C dan E untuk mengatasi stres oksidatif yang memicu kerusakan sel otot. Fungsi berikutnya adalah untuk menunjang produksi energi di tingkat sel.

4. Vitamin B
Sama seperti koenzim Q-10, vitamin B juga berperan dalam proses produksi energi di tingkat sel. Makin banyak olahraga, makin tinggi kebutuhan vitamin B yang antara lain bisa diperoleh dari susu, pisang dan bahan makanan lainnya.

5. Omega 3
Stres oksidatif tidak hanya terjadi di otot, melainkan juga di persendian dan memicu peradangan di bagian tersebut. Asam lemak omega 3 seperti yang terkandung dalam minyak ikan bisa membantu mengatasi radang pada persendian akibat olahraga yang terlalu berat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar